Regina Ivanova Alami Baby Blues, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:55 WIB
loading...
Regina Ivanova Alami Baby Blues, Kenali Gejala dan Penyebabnya
Regina Ivanova sempat mengalami baby blues setelah melahirkan anak pertamanya pada Juni 2022. Kondisi ini membuat Regina kebingungan saat anaknya menangis. Foto/Instagram Regina Ivanova
A A A
JAKARTA - Regina Ivanova sempat mengalami baby blues setelah melahirkan anak pertamanya, Nathaniel Luigi Jayadi pada Juni 2022. Kondisi ini membuat Regina kebingungan saat anaknya menangis.

Regina bahkan mengaku kewalahan untuk mengurus sang anak. Terlebih, saat itu dia merasa sudah melakukan berbagai cara, mulai dari memberikan susu hingga mengganti pampers.

"Satu bulan pertama aku baby blues banget, kenapa sih udah dikasih minum, pampersnya udah bersih, kok masih nangis," kata Regina saat ditemui di kawasan Jakarta baru-baru ini.

Dilansir dari Health Line, Kamis (22/12/2022) sekitar 80 persen ibu pascapersalinan mengalami baby blues, yang mengacu pada periode singkat setelah melahirkan yang dipenuhi dengan kesedihan, kecemasan, stres, dan perubahan suasana hati.



Baby blues biasanya menyerang dalam beberapa hari setelah melahirkan. Namun, jika Anda mengalami persalinan yang sangat sulit, mungkin akan menyadarinya lebih cepat.

Setelah lahir, tubuh mengalami fluktuasi hormon yang ekstrem untuk membantu Anda memulihkan dan merawat bayi, mengecilkan rahim kembali ke ukuran normalnya dan mendorong laktasi. Perubahan hormonal tersebut juga dapat memengaruhi kondisi pikiran ibu pascapersalinan.

Periode pascapersalinan adalah masa di mana orang tua tidak tidur secara teratur dan menghadapi semua perubahan besar dalam rutinitas dan gaya hidup yang datang dengan bayi yang baru lahir. Semua faktor ini menjadi penyebab baby blues.

Gejala baby blues bisa muncul dua hingga tiga hari setelah bayi lahir. Sebagian besar waktu, baby blues hilang dengan sendirinya atau biasanya dalam 10 hari, tetapi terkadang hingga 14 hari pascapersalinan. Bagaimana Anda mengalami baby blues mungkin berbeda dari wanita lainnya.



Namun, ada gejala baby blues yang umum. Berikut ulasannya.

1. Merasa menangis atau menangis tanpa alasan karena pemicu kecil
2. Mengalami perubahan suasana hati atau menjadi sangat mudah tersinggung
3. Merasa tidak terikat dengan bayi Anda
4. Bagian yang hilang dari kehidupan lama Anda, seperti kebebasan untuk pergi keluar bersama teman
5. Khawatir atau merasa cemas tentang kesehatan dan keselamatan bayi Anda
6. Merasa gelisah atau mengalami insomnia, meskipun Anda sedang kelelahan
7. Kesulitan membuat keputusan mudah atau berpikir jernih
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)